-->

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia ☑ Terbaru

TikTok

Contoh Surat Lamaran Kerja.Setelah lulus sekolah atau kuliah pada umumnya kita akan memilih untuk bekerja dari pada menjadi pengangguran. Selain untuk mencari penghasilan, belajar mencari dan bekerja di suatu instansi atau lembaga dapat meningkatkan pengalaman dan melatih kedewasaan secara tidak langsung.

Pada proses mencari dan melamar suatu pekerjaan, biasanya salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah Surat Lamaran Kerja. Surat lamaran Kerja sebagai salah satu satunya poin utama yang dapat menentukan bisa lolos atau tidaknya kita dalam seleksi penerimaan. 

Oleh karenanya, membuat surat lamaran Pekerjaan tidak bisa asal. Kamu harus menulis surat lamaran Pekerjaan secara benar dan efisien agar kesempatan diterima di perusahaan yang kamu harapkan semakin besar.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja adalah surat yang berisi permintaan atau permintaan untuk bekerja pada sebuah instansi atau lembaga perusahaan, atau perseoran terbatas (PT), yang secara umum memiliki beberapa bagian berisi identitas diri, layanan jasa yang bisa dilakukan, pendidikan, sampai info keterampilan dan kehalian, dan pengalaman.

Tidak dapat dipungkuri, surat Lamaran Kerja menjadi satu di antara faktor-faktor penting saat mencari atau melamar pekerjaan. Saat melamar pekerjaan, kita diharuskan menulis surat Lamaran Kerja dengan baik dan benar agar peluang yang diterima perusahaan semakin besar.

Dalam menulis surat Lamaran Kerja, kita harus memperkenalkan dan mempromosikan diri secara baik dan benar apa adanya, tanpa perlu dibuat-buat. Aspek tersebut sebagai satu di antara bahan penilaian pimpinan perusahaan, apakah seseorang itu pantas diterima atau tidak.

Itulah mengapa, penting untuk mengetahui beberapa hal terkait dengan penulisan surat Lamaran Kerja, seperti sistematik, langkah-langkah membuat surat Lamaran Kerja.

Bagian-bagian Surat Lamaran Kerja

Pada, surat Lamaran Kerja terdiri dari tiga, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Umumnya bagian pembuka surat Lamaran Kerja berisi informasi dan penjelasan tentang  lowongan pekerjaan yang diperoleh.

Pada bagian ini, umumnya dijelaskan dari manakah kita memperoleh informasi lowongan pekerjaan, bidang pekerjaan yang ingin dilamar, dan mengemukakan potensi atau kemampuan yang memenuhi kwalifikasi pekerjaan.

Selanjutnya, bagian berisi uraian jika Anda memenuhi persyaratan yang diminta. Selain itu, kamu bisa juga menyebutkan informasi mengenai umur, pengalaman kerja atau organisasi, keterampilan, dan informasi lain yang mendukung.

Paling akhir, di bagian penutup kamu dapat menulis keinginan tentang proses selanjutnya dibarengi ucapan terima kasih.

Struktur Surat Lamaran Kerja 

Setidaknya ada 6 struktur surat Lamaran Kerja yang harus dipenuhi dalam proses penulisan surat Lamaran Kerja yaitu:

1. Alamat Pengirim

Alamat pengirim umumnya tercantum di samping kanan atas surat atau ditulis pada bagian bawah setelah salam penutup.

2. Tanggal Surat

Setelah menulis alamat pengirim, hal seterusnya yang perlu dicantumkan adalah tanggal surat. Penulisan tanggal surat ditempatkan di alamat pengirim dalam jarak dua atau tiga baris.

3. Alamat Surat

Di bagian ini, kamu harus menulis nama perusahaan secara lengkap pada baris pertama. Selanjutnya, diikuti dengan nama gedung pada baris ke-2 dan nama jalan dan alamat lengkap pada baris selanjutnya.

4. Salam Pembuka

Salam pembuka  pada Surat Lamaran Kerja Biasanya dibuka dengan kalimat "Dengan Hormat"

5. Isi Surat

Isi surat Lamaran Kerja dibagi ke dalam tiga bagian khusus, yakni alinea pembuka yang bertujuan untuk memberi kesan-kesan pertama dan mengundang perhatian perekrut, badan surat, dan alinea penutup.

6. Salam Penutup

Salam penutup ditulis dua atau tiga baris di bawah baris paling akhir isi surat, dan bila dibuat dengan tulisan tangan penutup ditempatkan dua atau tiga baris di bawah baris paling akhir isi surat.

Sistematika Surat Lamaran Kerja

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat Lamaran Kerja

Langkah awal yang perlu dilakukan saat membuat surat Lamaran Kerja adalah menulis tempat dan tanggal surat Lamaran Kerja dibuat.

Contoh:

Lampung, 11 Desember 2021

2. Lampiran dan hal

Memberitahu seberapa banyak lampiran yang disertakan, misalkan lamaran diperlengkapi identitas dan kualifikasi sebanyak empat lembar, misalnya sebagai berikut:

Lampiran: Empat lembar

Hal : Lamaran Kerja

3. Alamat Tujuan Surat Lamaran Kerja 

Tulis alamat surat mana yang akan dituju. Berikut beberapa hal yang perlu dicermati saat menulis alamat surat dalam Lamaran Kerja:

  1. Surat lamaran kerja tergolong surat dinas, maknanya kita tidak menyurati seorang saja, oleh karenanya surat Lamaran Kerja yang betul tidak memakai 'kepada'.
  2. Alamat seharusnya tidak kurang dari tigas baris untuk menyingkat isi surat.
  3. Jabatan tidak menggunakan panggilan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu.
  4. Informasi teks 'Jalan' pada alamat jangan dipersingkat.
  5. Alamat surat bukan kalimat, oleh karena itu tidak boleh memakai titik di masing-masing akhir baris.

Contoh:

Yth. Pimpinan PT. Angkasa Jaya
Jalan Abdul Muis No. 12, Rebang Tangkas

4. Salam hormat dan pembukaan

Awal salam atau ucapan hormat yang umum diawali ungkapan 'Dengan hormat' untuk memulai surat Lamaran Kerja secara resmi.

Contoh

Dengan Hormat,

Berdasar informasi lowongan Pekerjaan Yang disebarkan through surat kabar, Saya berniat mengajukan Lamaran Kerja PADA Perusahaan Yang Bapak / Ibu pimpin untuk review menempati Bagian Adminstrasi di PT. Angkasa Jaya

5. Isi

Isi surat Lamaran Kerja terbagi dalam beberapa hal berikut:

Identitas Diri

Dalam identitas diri berisi nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat ditambah hal lain sesuai keperluan. Contoh identitas diri:

Nama: Budiawan Sugiharto
Tempat tanggal lahir   : Bandung, 25 Januari 1999
Pendidikan terakhir: S-1 Pendidikan Biologi
Alamat: Jl. Diponegoro No.123, Way Kanan Lampung

Maksud dan tujuan

Berisi informasi tentang alasan pengirim atau pelamar untuk menulis surat Lamaran Kerja.

Menyatakan penempatan

lowongan pekerjaan akan meminta beberapa dokumen yang memenuhi syarat kualifikasi, ktp, sampai pasfoto, dan lain-lain.

6. Penutup

Buatlah sebuah penutup yang manis dalam surat lamaran kerjamu. Janganlah lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Contoh:

Demikian surat lamaran Pekerjaan ini saya buat, besar keinginan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi dan tes wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih lengkap.

Atas perhatiannya saya terima kasih

7. Salam Penutup

Tanda-tangan dan nama lengkap berada di bawah sudut kanan surat.

Contoh

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Budiawan Sugiharto

Pedoman Kebahasaan Surat Lamaran Kerja

  • Menjaga agar tulisan bersih, mudah dibaca, sesuai kaidah EYD bahasa indonesia.
  • Memakai kata pengantar yang jelas, singkat, padat/informatif, dan tepat sasaran.
  • Menggunakan kalimat yang santun,
  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  • Melengkapi beberapa bagian surat dengan norma dan etika bahasa surat, misalnya: penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama jelas.

Pada umumnya, bisa disebutkan kaidah atau ciri-ciri kebahasaan surat Lamaran Kerja adalah sebagai berikut:

  • Pilihan kata sapaan memiliki sifat resmi.
  • Bahasa ragam baku.
  • Kata yang digunakan memiliki kandungan arti sebenarnya atau denotatif (bukan majas).
  • Menggunakan kalimat pernyataan umum.
  • Menggunakan kalimat pernyataan argumentasi.
  • Menggunakan pernyataan penegasan.

Jenis dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Jenis surat Lamaran Kerja:

Surat Lamaran Kerja yang dipadukan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam langkah ini, riwayat hidup terhitung isi surat karena didalamnya berbentuk kombinasi. Cara ini disebut dengan mode kombinasi.

Surat lamaran yang dipisah dari riwayat hidup. Dalam langkah ini, riwayat hidup sebagai lampiran dan cara ini disebut model terpisah.

Ciri-ciri Kebahasaan Surat Lamaran Kerja

Menulis surat Lamaran Kerja pasti harus menggunakan bahasa yang santun, jelas, dan singkat. Dengan demikian, saat menulis surat Lamaran Kerja pastikanlah kamu menggunakan beberapa ciri kebahasaan sebagai berikut:

  1. Gunakan kaidah dan ejaan bahasa Indonesia yang sesuai standard yang berlaku. Kamu dapat melihatnya dalam PUEBI dan KBBI.
  2. Gunakan bahasa baku yang resmi dan santun.
  3. Isi surat jelas, padat, dan informatif.
  4. Gunakan jenis huruf standard yang mudah dibaca. Bila ditulis tangan, tulisan harus rapi, bersih, dan mudah dibaca.

Beberapa langkah cara menulis surat Lamaran Kerja:

Menulis struktur atau unsur-unsur surat Lamaran Kerja sesuai sistematikanya. Masing-masing bagian dapat diisi oleh satu kalimat pokok lebih dulu.

Ciptakan seluruh bagian yang sudah ditulis, kembangkan kalimat pokok menjadi alinea atau paragraf sarat dengan deskripsinya. Baikan beragam hal yang salah, seperti ejaan, kalimat tidak efisien, dan lain-lain. Tumpukan semua idemu lebih dulu tanpa kebimbangan sedikit pun.

Baca lagi dan lihat berbagai unsur dan kebahasaan yang ada, lalu perbaiki, seperti bahasa baku, ejaan, kalimat efektif, dan lain-lain.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja Bahasa Indonesia, silahkan dipilih salah satu dan diedit untuk diperbaiki apabila ada yang kurang sesuai atau ingin ditambahkan:

Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart Tulis Tangan
Kota, ...................

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk
Jl. ...................

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk dapat bergabung dengan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sebagai karyawan IT. Berikut ini merupakan saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: ...................
Tempat, tanggal lahir: Kota, ...................
Jenis kelamin: ...................
Pendidikan: ...................
Email: ...................@gmail.com
Nomor HP: ...................

Agar dapat menjadi bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa berkas, diantaranya:

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi ijazah
3. Fotokopi KTP
4. Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar

Demikian yang dapat saya sampaikan melalui surat lamaran kerja ini dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(TTD)

(Nama Terang)

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Tulis Tangan
Kota, ....................

Hal: Lamaran Kerja

Kepada Yth.
HRD PT. Indomarco Prismatama
Jl. ....................

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang dimuat pada website resmi Indomaret terkait dengan lowongan pekerjaan untuk bagian gudang, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: ....................
Tempat, tanggal lahir: Kota, ....................
Pendidikan terakhir: ....................
Nomor HP: X....................
Alamat email: ....................@gmail.com

Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran untuk posisi yang tertera di atas. Saya memiliki pengalaman menjadi administrator gudang selama dua tahun.. Sebagai bahan untuk dijadikan pertimbangan, saya lampirkan dokumen berikut:

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi ijazah terakhir
3. Fotokopi KTP
4. Surat Keterangan Pengalaman Kerja
5. Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar

Demikian yang dapat saya sampaikan pada surat lamaran ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(TTD)

(Nama Terang)

Terima kasih telah berkunjung, kami nantikan kunjungannya kembali di lain waktu. Bantu suport blog ini dengan share link postingan atau blog ke teman-teman kalian.